Marini Zumarnis Meninggal Karena Stroke, Ketahui Faktor Risikonya

Ibunda Marini Zumarnis, Fatmawati, meninggal dunia karena stroke. Sang ibu berpulang di RSPAD Gatot Subroto pada pukul 08.45 WIB. Mendiang dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, satu liang kubur dengan suaminya, Zumarnis Zein yang lebih dulu meninggal dunia beberapa tahun lalu.

“Hari ini ibu saya di panggil oleh Allah SWT. Ibu saya sakit selama tujuh tahun stroke keluar masuk rumah sakit,” tutur Marini Zumarnis saat ditemui selesai pemakaman pada Jumat (08/02/2019) dilansir dari IDNEWS.CO.ID.

Stroke ialah gangguan pasokan darah ke otak karena terjadinya penyumbatan (iskemik), atau pecahnya pembuluh darah (hemoragik). Dikutip dari situs American Stroke Association, faktor risiko stroke ada yang bisa dan tidak dikendalikan.

Faktor risiko yang tidak dapat dikendalikan terdiri atas usia, riwayat keluarga, dan jenis kelamin. Kasus stroke kebanyakan terjadi pada usia lebih dari 65 tahun, yang lebih umum terjadi pada perempuan. Riwayat keluarga juga menentukan risiko seseorang terkena gangguan jantung dan pembuluh darah.

Sedangkan faktor risiko yang dapat dikendalikan ialah unsur gaya hidup. Unsur ini mencakup rajin olahraga, tidak merokok, dan rajin konsumsi sayur serta buah. Gaya hidup sehat mencegah terjadinya diabetes, obesitas, serta peningkatan tekanan darah yang meningkatkan risikonya stroke.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Marini Zumarnis Meninggal Karena Stroke, Ketahui Faktor Risikonya"

Post a Comment